Jati Solomon blog Jual Bibit Jati Solomon, Jati Solomon kultur, Jati Solomon Kultur Jaringan

Mengenal Iklim Tanaman Pohon Jati Solomon

Untuk mendapatkan hasil maksimal pertumbuhan Tanaman Pohon Jati Solomon, kita harus memahami iklim yang baik untuk Tanaman Pohon Jati Solomon tersebut.

Iklim_Pohon_Jati_Solomon

Secara umum Tanaman Pohon Jati Solomon membutuhkan iklim dengan curah hujan minimum 750 mm/th, optimum 1000—1500 mm/th, dan maksimum 2500 mm/th, meskipun, pohon jati masih dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 3750 mm/th.

Suhu udara dibutuhkan Tanaman Pohon Jati Solomon 13—17° C dan maksimum 39—43° C. Pada suhu optimal, 32—42° C, tanaman jati akan menghasilkan kualitas kayu terbaik. Kondisi kelembaban lingkungan tanaman jati yang optimal sekitar 80% untuk fase vegetatif dan antara 60—70% untuk fase generatif.

Curah hujan secara fisik dan fisiologis berpengaruh terhadap sifat gugurnya daun deciduous dan kualitas produk kayu jati itu sendiri. Di daerah yang memiliki curah hujan tinggi (> 1500 mm/th), pohon jati tidak dapat menggugurkan daun dan lingkaran tahun kurang menarik sehingga produk kayunya tergolong kelas II—III. Simak juga artikel menarik kami Spesifikasi Bibit Jati Solomon dan Jenis Tanaman Tumpang Sari Jati Solomon.

Di daerah dengan musim kemarau panjang, jati akan menggugurkan daunnya dan lingkaran tahun yang terbentuk tampak artistik. Kayu jati ini memiliki teras yang lebih kuat sehingga dikelompokkan dalam jenis kayu mewah (fancy wood) atau kelas I. Jati seperti ini banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah (Cepu, Jepara) dan Jawa Timur (Bondowoso, Situbondo).

Untuk info lengkap tentang Mengenal Iklim Tanaman Pohon Jati Solomon dapat menghubungi kami di Contact Us atau langsung datang kekantor kami.
Suka Mengenal Iklim Tanaman Pohon Jati Solomon, dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti Mengenal Iklim Tanaman Pohon Jati Solomon, silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia untuk mendapatkan artikel yang terbit di Jati Solomon
Tag : Jati Solomon
13 Komentar untuk "Mengenal Iklim Tanaman Pohon Jati Solomon"

jadi lebih tau tentang jati solomon, makasih mas
sudah sulit jaman sekarang dapetin kayu berkualitas

intinya pohon jadi cocok ditanam didaerah panas dan jarang hujan yamas agar hasilnya bisa maksimal

Kayu jati
Harga tinggi
Tapi panennya lama sekali

di tempat saya jepara banyak dipakai kayu jati buat furnitur, tapi kayaknya akhir-akhir ini agak berkurang stoknya.

Dengan jangka waktu lebih pendek

Jati Solomon, sekarang ini dengan mengunakan bioteknogi jangka waktu untuk panennya lebih pendek

Benar sekali kang, mudah-mudahan dengan adanya bibit Jati Solomon Kultur jaringan, kayu jati semakin banyak lagi soknya

aminkan semoga saja kayu jati tambah banyak stoknya

Aamiin, Seperti yang diharapkan, dan penanam Pohon Jati Solomon juga bisa meraup keuntungan

Benar sekali Uda Awak. Terimakasih

optimum 1000—1500 mm/th itu per "TH" singkatan nya apa mas??
mampir ya ke blogku

Iya Mbak. Ok dah

Back To Top